Yuk Belajar Sejarah Kerajaan Mataram di Museum Ullen Sentalu

Yuk Belajar Sejarah Kerajaan Mataram di Museum Ullen Sentalu – Membahas destinasi wisata di Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari wisata alam, edukasi, kuliner hingga sejarah semua bisa dinikmati di kota Gudeg ini. Salah satu rekomendasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Ullen Sentalu di Jogja . Museum satu ini menyimpan beragam koleksi peninggalan Kerajaan Mataram, jadi tidak mengherankan apabila terpilih sebagai museum terbaik Indonesia di website Trip Advisor.

Terdapat beberapa ruangan yang masing-masing menyimpan koleksi seperti lukisan, batik, seperangkat gamelan, dan sebagainya. Disini juga tersedia fasilitas pendukung yang membuat pengunjung betah berlama-lama di museum. Tertarik untuk mengunjunginya? berikut ulasan lengkapnya yang bisa di simak, antara lain:

1. Berawal dari Koleksi Pribadi

Museum Ullen Sentalu ini awalnya di gagas oleh keluarga pembatik yang masih keturunan bangsawan asal Yogyakarta, yaitu keluarga Haryono. Sebagai pecinta sejarah Indonesia, keluarga ini pun mulai mengoleksi peninggalan warisan budaya Jawa. Museum ini pun mendapat banyak perhatian dari banyak pihak, seperti dari sesepuh keluarga Kerajaan Mataram dan Yayasan Ulating Blencong sebagai pengelola museum.

2. Sejarah Keraton Solo dan Yogyakarta

Ada banyak hal menarik yang dapat dipelajari dari museum unik. Pengunjung dapat melihat dan mempelajari kisah tentang peradaban Kerajaan Mataram. Kerajaan Mataram sendiri terbagi menjadi 4 keraton yang berlokasi di Yogyakarta dan Solo, yaitu seperti Kesultanan Yogyakarta, Kabupaten Pakualaman, Kasunanan Surakarta, dan Praja Mangkunegaran. Disini pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi, antara lain gamelan kuno, kain batik dari Solo dan Yogyakarta, lukisan dan foto bangsawan, arca-arca budaya peninggalan Hindu dan Budha, dan lain sebagainya.

3. Ruang Khusus untuk Putri Tineke

Museum Ullen Sentalu
By @ilaanjani

Ruang Syair untuk Tineke merupakan salah satu ruangan yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke museum ini. Ruangan ini dibuat untuk menyimpan koleksi puisi penghiburan dan surat-surat cinta dari teman dari saudara putri Tineke yang merupakan putri Sunan Surakarta Pakubuwono XI. Pasalnya putri tersebut pernah mengalami patah hati karena cintanya dilarang oleh orang tua. Menarik bukan?

4. Memiliki Pemandu Interaktif

Museum Ullen Sentalu
By @zack.j25

Mengunjungi museum akan selalu menjadi hal menarik meskipun terdengar membosankan. Di Ullen Sentalu ini pengunjung dapat berkeliling museum bersama pemandu tur yang telah disediakan. Pemandu ini nantinya akan menemani pengunjung sambil memberikan penjelasan dengan penyampaian yang interaktif dan mudah dipahami. Tentunya kunjungan ke museum akan menjadi pengalaman yang menarik, edukatif dan menyenangkan. Oleh karena itu, museum ini juga sangat tepat untuk dikunjungi saat melakukan study tour.

5. Memiliki Arsitektur Unik

Museum Ullen Sentalu
By @fikriiramdhan

Salah satu hal unik dari Museum Ullen Sentalu ini adalah arsitekturnya yang memadukan gaya gotik dan tropis. Pengunjung akan disambut dengan banyaknya pilar bangunan ketika memasuki museum ini. Pilar-pilar ini terbuat dari material batu alam seperti pada bangunan rumah tropis yang asri. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat bangunan dengan fasad lancip layaknya kastil Eropa di beberapa bagian museum.

Museum ini sendiri memiliki konsep desain yang terinspirasi dari pernyataan seorang arsitek Jepang yang bernama Yoshio Taniguchi. Arsitek tersebut menyatakan jika arsitektur menyatu dengan koleksi museum bukan sebagai rancangan sendiri.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui jika akan berkunjung ke Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta. Berkunjung ke museum sepertinya akan menjadi agenda menarik yang dapat dilakukan bersama keluarga dan sahabat saat berlibur. Selain menghilangkan penat, pengunjung dapat belajar mengenai sejarah, melihat koleksi peninggalan terdahulu hingga menikmati fasilitas yang bernilai edukatif. Berkunjung ke Ullen Sentalu pastinya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

× Hai, Ada yang bisa kami bantu?