Seru! Wisata Kereta Gantung di atas Laut, Pantai Timang

Seru! Wisata Kereta Gantung di atas Laut, Pantai Timang – Destinasi wisata pantai nampaknya masih menjadi favorit para wisatawan untuk dikunjungi ketika libur tiba. Hamparan pasir putih, tebing batu karang, serta air yang jernih membuat siapa saja terpesona akan keindahannya. Tidak hanya di Bali saja, kawasan Gunung Kidul di Yogyakarta juga memiliki banyak pantai yang bisa di eksplor oleh wisatawan. Salah satu pantai unik yang harus dikunjungi ketika pergi ke Gunung Kidul adalah Pantai Timang. Pantai ini terkenal dengan kereta gantung dan jembatan yang membentang di atas laut lepas.

Bagi wisatawan yang ingin menguji adrenalin, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menikmati pemandangan alam laut yang menakjubkan. Wisatawan juga bisa merasakan pengalaman unik dan menarik ketika menyebrangi jembatan atau naik kereta gantung. Penasaran kan bagaimana serunya? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Timang terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Gunung Kidul. Lokasi pantai ini tidak jauh yaitu sekitar 50 km dari pusat kota Yogyakarta dan menempuh sekitar 2 jam perjalanan. Harga tiket masuk yaitu sebesar Rp5000,- sampai Rp10.000,- saja, tentunya sangat terjangkau bukan? Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan dan fasilitas lain. Selain itu, wisatawan akan ditarik biaya sekitar Rp150.000,- jika ingin naik kereta gantung. Sedangkan untuk melintasi jembatan ekstrim akan dikenakan biaya Rp100.000,-.

Aktivitas Seru yang Wajib Dilakukan Ketika Berkunjung

Ada beberapa fasilitas dan aktivitas seru dan menarik yang harus di coba ketika berada di pantai ini di mana hal ini membuat pantai ini cukup populer dikunjungi wisatawan. Berikut ini beberapa aktivitas seru yang wajib dilakukan saat berkunjung, antara lain :

1. Bukit Karang

Pantai Timang
By @alvionitavinny

Ini merupakan salah satu objek yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung di Pantai Timang. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah batu karang besar yang berada tepat di pulau di seberang pantai tersebut. Untuk menuju bukit memang bukan perkara mudah. Wisatawan harus siap memacu adrenalin dengan menaiki kereta gantung atau gondola dengan tenaga manual.

2. Naik Kereta Gantung

Pantai Timang
By @astyawardhani

Pulau Karang yang terletak di seberang Pulau Timang ternyata menjadi surga lobster dan udang bagi nelayan. Hal ini membuat para nelayan rela menyebrangi pulau dengan cara unik yaitu dengan menaiki kereta gantung. Kereta gantung yang ditarik secara manual ini menjadi satu-satunya cara untuk pergi ke pulau seberang. Banyaknya karang dan ombak besar pantai selatan membuat nelayan tidak memungkinkan untuk membawa perahu. Oleh karena itu, kereta gantung ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mencoba menaikinya.

3. Menyebrangi Jembatan Ekstrim

Pantai Timang
By @ferdinandrau

Ada opsi lain bagi wisatawan yang tidak ingin naik kereta gantung, yaitu dengan menyebrangi jembatan ekstrim. Meski terbuat dari anyaman tambang dan senar yang dikaitkan ke alas lempengan kayu, jembatan ini cukup aman untuk di lalui. Terdapat pula pemandu jalan untuk melintasi jembatan ini sehingga wisatawan tetap berada dalam pengawasan.

4. Spot Foto

Selain bisa memacu adrenalin dengan menaiki kereta gantung dan melintasi jembatan, disini wisatawan juga dapat mengambil foto di beberapa spot foto. Di pantai ini terdapat spot foto jembatan dan spot foto kayu yang populer dikalangan wisatawan. Spot foto ini memiliki latar belakang pemandangan lautan luas dengan ombak yang menghantam batu karang.

5. Wisata Kuliner

Setelah puas menikmati pemandangan dan menguji nyali, jangan lupa mencicipi kuliner khas yang bisa dijumpai di sekitar pantai. Wisatawan dapat membeli lobster segar dan langsung memasak dengan berbagai pilihan bumbu khas yang lezat. Harga lobster yang ditawarkan disini juga lebih murah karena langsung diambil dari nelayan yang melaut.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mencoba menguji adrenalin di Pantai Timang. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai unik ini pastikan harus datang di waktu yang tepat atau ketika cuaca sedang bagus. Semoga ulasan ini dapat membantu ya.

× Hai, Ada yang bisa kami bantu?