Taman Dolan Home & Resort Bumiaji Batu, Terobosan Baru Gabungan Homestay & Tempat Tamasya di Batu dengan Harga Terjangkau Rp. 350 Ribu

Berdialog mengenai obyek tamasya di Kota Batu memang tidak ada habis-habisnya. Pasalnya, ada banyak daerah tamasya menarik di daerah berjuluk Kota Apel tersebut, mulai liburan alam, tamasya sejarah, sampai amusement park atau taman bermain. Nah, salah satu destinasi tamasya di Batu yang cukup komplet adalah Taman Dola. Sebab tidak cuma menyediakan gelanggang permainan, melainkan juga homestay yang dapat anda manfaatkan untuk bermalam.

Alamat Homestay

Taman Dolan bertempat tinggal di Jalan Raya Pandanrejo No. 57, Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu. Wilayah Bumiaji sendiri yaitu daerah di Batu bagian utara yang terkenal akan estetika alamnya. Di wilayah ini, pengunjung bisa menikmati hijaunya suasana pegunungan, yang sekalian menghirup udara yang adem. Di wilayah ini pula, berdiri beberapa obyek tamasya yang sudah populer di kalangan wisatawan, seperti Pemandian Air Panas Cangar, Taman Wisata Selecta dan Coban Talun.

Taman Dolan Home & Resort
Photo by booking.com

Meskipun begitu, Taman Dolan terbilang juga sebagai sebuah terobosan baru di bidang pariwisata yang tidak hanya menyampaikan permainan untuk refreshing. Namun juga tak lupa memprioritaskan sisi edukasi bagi para generasi muda, yang jujur atau tidak. Dapat juga terbilang mulai kehilangan jati diri perihal kultur bangsanya. Di tempat ini, petugas akan memberi tahu atau mengingatkan kembali para pengunjung dengan permainan kuno dengan nuansa pedesaan yang masih asri.

Terdapat Berbagai Permainan

Terdapat banyak permainan tradisional menarik yang tersedia di Taman Dolan yang dapat anda coba. Terutama mereka yang masih anak-anak, tentunya akan sangat menyenangkan. Pelancong bisa mencoba permainan egrang atau jangkungan, ialah sebuah permainan yang mewajibkan pemainnya berdiri di atas galah atau tongkat dengan ketinggian tertentu. Rupanya, permainan ini sudah tercipta ratusan tahun yang lalu.

Selain itu, ada pula engklek, sebuah permainan tradisional khas Sunda yang umumnya dimainkan oleh buah hati-anak, dua sampai lima orang peserta. Permainan yang juga banyak orang menyebutnya dengan istilah teklek, ingkling, Sunda manda, jlong jling, lempeng, dende, atau dampu. Permainan itu mengharuskan setiap anak untuk menempatkan gacuk di salah satu petak yang telah tergambar di atas tanah dengan cara melemparnya. Kemudian, petak yang ada gacuk-nya tak boleh terinjak oleh setiap pemain, jadi para pemain sepatutnya melompat ke petak selanjutnya dengan satu kaki mengelilingi petak-petak yang ada.

Permainan tradisional lainnya yang tersedia di Taman Dolan antaranya adalah lempar gasing, lompat tali, jumpritan atau petak umpet. Ada juga balap karung, main kelereng atau gundu, gepuk bantal, dan lain sebagainya. Selain itu, anak-si kecil juga bisa berkesempatan menikmati sistem bercocok tanam padi dan sayuran serta bermain di sawah, di samping paket masak-masakan.

Wahana Permainan

Bila sudah puas mencoba permainan tradisional, para pengunjung juga dapat mencoba permainan yang tergolong modern di daerah ini. Ada beragam wahana permainan yang bisa dicoba. Antara lain seperti flying fox untuk menantang adrenalin dan berenang di kolam renang. Setidaknya, ada tiga unit kolam renang yang sudah tersedia di Taman Dolan. Kolam renang untuk balita, kolam renang buah hati-buah hati, dan kolam renang untuk pengunjung dewasa.

Di samping gelanggang permainan yang menarik, pengelola Taman Dolan sudah menyiapkan sejumlah paket yang dapat dimanfaatkan wisatawan. Bila wisatawan mau mengadakan acara reuni, gathering, dan sejenisnya, tempat ini juga menyediakan paket-paket tersebut yang tentunya dengan konsep dan suasana yang berbeda.

Nah, sekiranya perut mulai lapar, pengunjung bisa mampir ke Waroeng Dolan, sebuah daerah makan yang menyampaikan berbagai menu makanan dan minuman khas tempat. Masakan di tempat ini dimasak dengan resep tradisional sehingga memiliki citarasa yang amat khas. Harga menu makanan di Waroeng Dolan ini juga tergolong terjangkau sehingga tidak sampai menguras kantong kita.

Bagi pelancong yang datang dari jauh atau luar kota, dan sedang bingung mencari penginapan untuk melepas lelah, pengelola telah menyediakan homestay di area Taman Dolan. Sedangkan biasa, ada sekitar sepuluh homestay yang ada di tempat ini, yang terbagi menjadi sebagian variasi, adalah ragam Standard, macam Barak, dan variasi VIP.

Menginap di homestay Taman Dolan juga akan memunculkan sensasi tersendiri. Pasalnya, akomodasi ini memiliki desain bangunan yang betul-betul tradisional, dengan ornamen kayu hampir menyelimuti segala area. Pengunjung dapat menemukan tempat duduk dan meja yang terbuat dari kayu, lantai dari kayu, sampai ornamen atau pernak-pernik lawas semacam kendi dan sepeda unta.

Berkonsep Tradisional

Meski mengusung konsep tradisional, namun fasilitas yang ada di homestay Taman Dolan ini cukup modern. Di daerah ini, para wisatawan akan mendapatkan ranjang yang empuk dengan ukuran queen atau king. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati gazebo yang tersedia untuk tempat bersantai. Tersedia pula air mineral di dalam botol, kamar yang nyaman dan asri, kamar mandi lengkap dengan shower. Di luar kamar terdapat zona keluarga, sampai ruang tamu. Tarif Per Malam Homestay Taman Dolan Batu mulai dari Rp350 ribu – Rp2.250.000 per malam.

Apabila Anda beratensi, Anda bisa melakukan pengorderan atau reservasi segera di lokasi. Taman Dolan Batu sendiri beroperasi tiap-tiap hari mulai pukul 08.00 hingga 19.00 WIB. Tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk pengunjung anak-anak dan Rp10.000 per orang untuk pengunjung dewasa.

Baca Juga – Paket Liburan ke Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?