Pulut Panggang, Penganan Khas Belitung yang Cuma Ada di Pasar-Pasar Tradisional

Pulut Panggang – Inilah Wisata Kuliner Khas Belitung, makanan yang khas tempat yang sedap dan unik. Tentu pergi berwisata ke daerah pengarang buku Laskar Pelangi ini sudah pasti tidak akan lengkap sebelum akan nikmati makanan khasnya yang enak dan lezat. Untuk makanannya sendiri, masakan yang tersedia di kepulauan Belitung amat berkaitan dengan kuliner Sumatera Selatan dan Tionghoa. Hal ini tidak sanggup terlepas oleh adanya dampak geografis dan pemerintahan yang benar-benar tergoda oleh ke dua perihal ini.

Provinsi Bangka Belitung terhitung merupakan area kepulauan dan pesisir bersama sumberdaya laut yang melimpah. Hasil tangkapan laut diolah jadi berbagai macam masakan dan cita rasa pesisir yang khas. Salah satu kuliner yang menarik adalah pulut panggang.

Mirip dengan Lemper

Pulut Panggang merupakan jajanan khas dari Belitung yang terbuat berasal dari bahan dasar ketan. Bila kita lihat sepintas sama dengan lemper. Bagian di dalam berasal dari ketan bakal berisi abon ikan sambal lingkung. Setelah mengisinya, pulut ini dapat kita bungkus bersama dengan daun simpor membentuk segitiga. Jika lemper terbalut dengan daun pisang, Pulut Panggang Belitung terlapisi kembali bersama daun simpor yang cuma ada di Belitung.

Lemper berbentuk lonjong, waktu Pulut Panggang justru berupa segitiga. Selain itu, Pulut Panggang ini juga dibakar sementara lemper tidak perlu. Namun isiannya sama, yaitu abon ayam. Adapun harganya sendiri terjual cuma seribu rupiah perbuahnya. Untuk mencicipi olahan yang satu ini maka kami bisa pergi menuju pasar tradisional yang ada di Belitung dan Bangka.

Baca Juga – Paket Wisata Belitung 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?