Bukan Hanya Palembang, Pulau Belitung juga Memiliki Pempek Khas Bangka Belitung yang Bisa Dijadikan Buah Tangan bagi Para Traveler

Provinsi Bangka Belitung atau yang lebih populer dengan sebutan BABEL merupakan kepulauan yang punyai pesona kuat. Provinsi yang terdiri dari kepulauan ini mempunyai histori panjang jadi berasal dari Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, hingga masa penjajahan, dan era Kemerdekaan. Iklim pantai yang panas dengan situasi tanah yang membawa PH atau reaksi tanah yang asam, membawa dampak tanah jadi kering dan susah untuk menanamnya. Tak heran kalau di Babel biasanya makanan berbahan basic makanan laut. Salah satu olahan berbahan dasar ikan laut adalah Pempek Khas Bangka Belitung.

Pempek Khas Bangka Belitung

Lain padang lain ilalang, begitu termasuk bersama pempek ini. Jika pada umumnya pempek digoreng dan berkuah cuko (campuran aren dan cuka), beda bersama dengan yang satu ini. Kita tidak perlu menggorengnya. Sedangkan kuahnya tersedia tiga pilihan, yakni kuah cabe, kuah balacan (terasi), dan kuah tauco. Kebanyak yang tersaji di resto Babel adalah kuah cabe yang wangi karena tambahan buah jeruk kunci atau lemon cui. Selain wangi dan pedas, kuah ini juga asam. Kalau kamu menginginkan mencobanya, tersedia area yang sedap di sini, yakni di Otak Otak Kon Kim, Jalan Jendral Sudirman no 54 Gg. Aster Pangkal Pinang.

Selain itu, masih banyak olahan lain khas Belitung layaknya sambel tauco bangka, rusip, martabak bangka, berego sampai aneka kerupuk bangka yang banyak tersedia di toko oleh-oleh. Jadi, persiapkan saja budget tersendiri untuk segudang oleh-oleh ini, ya.

Baca Juga – Paket Wisata Bangka Belitung 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?