Menyantap Pantiaw Belitung yang Jadi Unggulan Wisata Kuliner Selain Mie Koba & Mie Atep

Selain sebagai penghasil timah, provinsi Bangka Belitung terhitung tenar bersama dengan bervariasi kuliner lezat yang patut dicoba. Salah satunya adalah kuliner mie yang diolah dengan seafood. Selain mie Koba berasal dari kabupaten Bangka tengah, Bangka Belitung termasuk punya hidangan kuliner lain, yang bentuknya seperti mie, terbuat berasal dari tepung beras dan sagu, yaitu Pantiaw Belitung.

Pantiaw Belitung
Photo by nusadaily.com

Pantiaw adalah penganan mudah berkarbohidrat tinggi sebab terbuat bahan tepung beras. Masakan ini mampu anda jumpai di toko oleh-oleh dan warung-warung kecil penduduk Pangkalpinang. Pantiau merupakan salah satu makanan berkuah khas Bangka Belitung yang sayang kalau kita lewatkan. Dengan suiran ikan makanan ini merasa benar-benar nikmat, berpadu dengan kuah ragam rasa dari bawang, seledri dan bumbu-bumbu lainnya, menyebabkan makanan ini terasa akrab di lidah penduduk dan bagi yang sudah pernah mencoba akan merasa kangen untuk mencoba lagi. Rasa yang tergambar di Pantiaw Belitung adalah pedas gurih manis.

Masakan yang satu ini bisa terhitung disempurnakan bakso maupun mie sebagai pelengkap yang mempernikmat dan makin lama tingkatkan sensasinya. Secara total makanan ini hampir serupa dengan sup ikan, cap cay, soto, dan kuliner berkuah lainnya. Bagi anda yang puas makanan-makanan tersebut, maka kamu kudu juga coba Pantiaw jikalau anda singgah ke Bangka Belitung.

Asal Makanan Pantiaw

Pantiaw jadi makanan khas masyarakat Desa Sungaibuluh. Pantiaw salah satu menu yang harus ada saat acara pernikahan, sedekah kampong atau pun doa minta selamat. Asal kata Pantiaw berasal dari bahasa Hakka, “pan” mempunyai arti kue dan “thiau” artinya potongan, berbentuk layaknya mi putih yang tersedia dengan beraneka bumbu dan kuah ikan. Olahan pantiaw di luar Bangka biasa terkenal dengan sebutan kwetiau. Namun di Desa Sungaibuluh punyai kekhasan tersendiri, karena kuliner yang mengadopsi pantiaw gandum dan pantiaw beras itu berbahan baku ubi atau ketela. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi hidangan ini pas kamu berada di Belitung.

Baca Juga – Paket Wisata Belitung Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?