Lempah Darat Belitung, Kuliner Lezat dengan Dominasi Rasa Khas Kuah Terasi yang Membuat Penikmatya Ingin Nambah Lagi

Kuliner Khas Bangka “Lempah Darat” kedengarannya sebenarnya sedikit aneh dan pasti tiap-tiap orang yang belum mencobanya selalu menanyakan jika mendengar namanya. Dari sisi bahasa, arti dari Lempah berarti makanan khas Bangka yang berkuah. Sedangkan Darat berarti makanannya yang mana bahan utamanya sayur-sayuran. Seperti layaknya talas (keladi), pepaya, timun dan lain-lain.

Asal Mula

Masakan ini adalah gambaran atau contoh dari cara hidup tradisional masyarakat daratan Pulau Bangka tempo pernah yang hidup bersama dengan cara meramu tanaman alam maupun berladang. Olahan ini memiliki banyak varian bergantung bahan utama yang di gunakan, ada lempah darat pepaya atau bahasa Bangkanya adalah Kates. Tersedia juga Keladi atau banyak di kenal Talas, dan tetap banyak varian lainnya. Yang tentu saja kendati banyak pilihan variannya yang memiliki cita rasa yang khas yakni kuahnya yang dominasi oleh rasa terasi di campur bersama dengan bumbu masakan lainnya seperti cabe rawit, garam dan penyedap rasa lainnya. Sudah terbayangkan betapa segarnya kuah olahan menu ini? Tentu nikmat jika anda menyantapnya langsung di salah satu tempat makan di Belitung.

Anda mampu menyicipi makanan ini waktu kamu berlibur ke Bangka Belitung. Menu ini tersedia di sebagian resto yang tersedia di tempat Pangkalpinang Bangka Belitung. Tentu tidak lengkap jika belum menikmati semua kuliner yang ada di Pulau Negeri Laskar Pelangi ini. Anda bisa mulai menjadwalkan dari sekarang tempat wisata dan tempat kuliner mana yang akan anda kunjungi.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang kuliner khas Pulau Bangka Belitung. Jangan lupa mampir untuk menikmati berbagai kulinernya, terutama lempah darat ini. Selamat berwisata kuliner.

Baca Juga – Paket Wisata Belitung 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?