Menyicipi Racikan Kopi Belitung yang Memiliki Rasa Khas Lokal Pulau Belitung

Kopi Belitung menjadi sajian nikmat yang harus anda seruput seumpama sedang tour ke Belitung. Ya, belum lengkap rasanya jika liburan ke belitung tetapi kamu tak mencicipi minuman khas Indonesia yang satu ini.

Meski kopi dapat kamu temukan di mana saja di negeri ini, namun tiap daerah nyatanya memiliki cita rasa kopi yang berbeda-beda. Begitu pula bersama dengan kopi Belitung. Meski biji kopi yang diolah di negeri laskar pelangi ini berasal dari daerah lain, namun racikan kopi Belitung tetap saja berbeda.

Kopi Belitung
Photo by tokopedia.com

Budaya Minum Kopi di Belitung

Manggar, Belitung Timur merupakan tidak benar satu kawasan terkenal berkumpulnya para penikmat kopi. Masyarakat Manggar memang udah sejak lama punyai rutinitas minum kopi yang kuat. Sejak pagi sampai malam mereka bahagia berkumpul di warung-warung sambil duduk bersama dengan sejuta cerita sembari nikmati secangkir kopi.

Jadi tidak usah heran seumpama sedang traveling ke Belitung kamu dapat menemui panorama warung-warung penuh dengan orang yang menikmati kopi. Salah satunya di Jalan Jendral Sudirman, Kabupaten Manggar, Belitung. Setiap hari warung kopi di area ini tetap ramai oleh para pencinta kopi.

Selain bercerita ngalor-ngidul, sebagian dari mereka umumnya mengahabiskan waktu dengan bermain catur. Ada banyak gelak tawa di warung kopi Manggar ini. Cerita di warung kopi terlampau kaya, menjadi berasal dari politik, bisnis, gosip, sampai canda pecah di warung kopi. Perbincangan merasa semakin nikmat bersama dengan ditemani secangkir kopi panas yang harum semerbak.

Tempat Nongkrong Paling Ramai

Meski tempatnya bukan area yang berkelas dan mewah namun Anda mampu mencicipi kopi di Manggar sambil duduk di warung dan mengobrol dengan penduduk lokal untuk menaikkan pengalaman miliki nilai kala tour ke Belitung. Apalagi harga segelas kopi di tempat ini terlalu bersahabat bersama dengan kantong.

Sejarah ngopi di Belitung sesungguhnya sudah tersedia sejak zaman bahulu. Dulu, para pekerja tambang yang berasal dari daratan China ikut dan juga mempunyai budaya ngopi berasal dari tanah leluhur mereka. Nah, budaya ini diikuti oleh masyarkat asli Belitung dan masih terjaga hingga detik ini.

Biji kopi di Belitung kebanyakan kiriman dari Lampung. Tapi para barista di warung kopi monggoreng sendiri biji kopi ini dan mengolahnya jadi kopi bubuk, kemudian meraciknya sesuai bersama dengan cita rasa lidah orang Belitung.

Di dalam warung-warung kopi di Belitung anda sanggup lihat seluruh perbedaan melebur menjadi satu di dalam secangkir kopi. Tak ada lagi arti Pribumi, Melayu, atau Tiong Hoa, di dalam warung kopi mereka berkumpul, berbincang bahkan bersenda gurau. Inilah pluralism dan toleransi yang sesungguhnya.

Tempat Ngopi Terkenal di Belitung

Karena masyarakat Belitung baik laki maupu wanita doyan sekali ngopi menjadi tersedia banyak daerah ngopi yang kondang di Belitung. Berikut sebagian tempat ngopi yang benar-benar legendaris dan terkenal di Belitung yang dapat kamu singgahi bbahkan waktu ikut paket wisata Belitung bersama dengan kami. Antara lain Kedai Kopi Kong Djie, Warung Kopi Ake, Kawasan Atet, Manggar.

Hampir semua warung kopi di manggar penuh bersama masyarakat lokal bersama sejuta cerita-nya. Bahan percakapan di tempat ini terhitung beragam. Mereka yang tengah melacak pekerjaan akan bertanya tentang peluang pekerjaan terhadap pelanggan yang lain, sementara para pekerja akan berbincang perihal beragam persoalan pekerjaan atau kebunnya. Bahkan tak jarang, mereka lakukan transaksi usaha di warung kopi di kota ini.

Untuk menikmati segelas kopi di area manggar lengkap bersama dengan segala ceritanya anda perlu berkendara lebih kurang 1,5 jam dari kota Tanjungpandan. Bila sudah berkunjung ke Manggar anda mampu sekalian datang dan menikmati Replika SD Laskar pelangi, Rumah Keong, Museum kata, kampoeng Ahok, Bendungan Pice, Pantai Burung Mandi dan sejumlah objek wisata menarik lainnya yang terkandung di tempat Belitung Timur.

Baca Juga – Paket Liburan Belitung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?