Kopi Paling Terkenal di Pulau Belitung, Kong Djie Coffe Menjadi yang Paling Favorit di Kalangan Wisatawan & Masyarakat Belitung

Kong Djie Coffe – Indonesia boleh bersyukur karena dianugerahi banyak keistimewaan dari bentang alamnya. Perpaduan manusia bersama alamnya itulah yang kemudian menelurkan banyak peristiwa dan kebudayaan. Ya, misal sederhana barangkali bisa dilihat berasal dari budaya minum kopi yang konsisten diminati hingga kini. Kebudayaan yang lahir berasal dari banyaknya kopi yang tumbuh ditanah subur ibu pertiwi.

Photo by jalanbareng.com

Kopi bersama rentetan cerita panjangnya bisa kita memandang dari bertahannya sebagian warung kopi. Salah satu yang paling terkenal adalah warung kopi Kong Djie yang berada di pulau Belitung. Warung kopi yang lahir di pulau laskar pelangi ini sesungguhnya mempunyai cerita nya sendiri. Mulai dari sejarah, kesederhanaan, hingga rasa yang tersaji.

Berdiri sejak th. 1943 dan Terus Eksis Hingga Kini

Kopi Kong Djie terlampau kondang seantero pulau Belitung. Keberadaannya telah ada sejak th. 1943. Bahkan meski telah berdiri sepanjang puluhan tahun, warung kopi ini selalu mampu berkompetisi bersama deretan warung kopi lainnya yang konsisten menjamur di Indonesia. Hal ini mampu keluar bersama dengan banyaknya cabang Kong Djie di sebagian provinsi. Meski begitu selamanya saja mencicipi Kong Djie di area aslinya bakal terasa berbeda.

Sejarah Kopi Kong Djie

Kong Djie Coffe sebetulnya bukan yang tertua di belitung, tapi kopi ini adalah primadona buat banyak kalangan. Warung kopi Kong Djie dirintis segera oleh seorang tionghoa asal bangka. Dia bernama Hong Kong Djie.

Menariknya sejarah pembukaan warung kopi Kong Djie dilatarbelakangi oleh aspek kemiskinan akibat penjajahan Jepang. Keluarga ini berusaha untuk bertahan hidup dengan modal duit seadanya. Berbekal modal itulah mereka membeli kopi dan gula dan sesudah itu membuka kedai pertama mereka di wilayah Buluh Tumbang. Tidak disangka ternyata racikan kopi yang dibuatnya mampu menyedot banyak pengunjung untuk terus berdatangan.

Eksistensi Kong Djie hingga kini bukan tanpa alasan. Prinsip yang terterapkan adalah keramahan. Jadi jangan heran jikalau traveler singgah ke kedai ini dapat merasakan sambutan hangat berasal dari pengelolahnya.

Citarasa yang Khas

Selain keramahan, Kong Djie Coffe terhitung terlampau kuat dengan citarasa kopinya yang khas. Menariknya bahan racikan kopi itu bukan berasal dari pulau Belitung. Yap, maklum saja pulau Belitung sebenarnya terkenal bersama dominasi hasil timah ketimbang hasil pertanian.

Kopi Kong Djie yang khas ini, berasal dari bahan pilihan. Bahan kopi memilih bahan dasar kopi robusta Lampung berpadu dengan arabika dari Jawa. Biasanya komposisinya kurang lebih 70% robusta dan 30% arabika. Hasilnya, cita rasa yang muncul cukup kuat di lidah. Aroma dan asamnya Arabika seolah mengingatkan dengan rasa kopi sanger arabika di Aceh. Sudah pasti sangat cocok untuk traveler.

Baca Juga – Paket Tour Belitung 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?