Danau Kaolin jadi Tempat Wisata Unggulan Para Traveler saat Berlibur ke Pulau Bangka-Belitung

Bukan cuma jadi surganya pantai eksotis di Indonesia, Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki banyak destinasi unik yang patut masuk bucket list tamasya. Salah satunya Danau Kaolin di Tanjung Pandan, Belitung.

Sebelum ke sana, yuk simak dulu berita rute, harga tiket, dan tipsnya berikut ini!

Danau Kaolin
Photo by akurat.co
Punya panorama yang spektakuler meski bekas zona tambang kaolin

Danau Biru jadi sebutan lain bagi Danau Kaolin karena estetika warna airnya yang biru turquoise dan terlihat berkilauan. Warna jelas ini begitu kontras dengan dataran berwarna putih di sekitarnya, sehingga menghasilkan pemandangan epik, lebih-lebih bagi lensa kamera.

Uniknya, Danau Kaolin tidak bersumber dari kawah gunung secara alami, melainkan bekas zona pertambangan kaolin. Kaolin yaitu ragam mineral yang kerap kali diaplikasikan dalam industri kosmetik, kertas, pasta gigi, hingga makanan.

Sepantasnya wilayah tambang, kau bisa memandang dengan jelas ceruk-ceruk tidak beraturan dampak penggalian. Tetapi, cekungan berisi air inilah yang membuatnya kelihatan jadi lebih indah.

Kembaran Kawah Putih di Ciwidey, Bandung

Sekilas, penampakan Danau Kaolin bakal mengingatkan kita dengan Kawah Putih Ciwidey, Bandung. Bedanya, gak ada wangi-wangian sulfur menyengat khas kawah gunung di sini.

Indahnya tumpukan kaolin yang menyerupai bukit salju

Wilayah Danau Kaolin sungguh-sungguh luas, kau dapat menemukan beberapa titik terbaik untuk menyaksikannya dari sudut pandang berbeda.

Selain area danau paling besar dan area cerukan-cerukan kecil, terdapat gunungan sisa tambang kaolin yang menarik perhatian. Tumpukan kaolin tersebut berwarna putih bersih dan beberapa berbentuk menyerupai bukit salju.

Aktivitas mengasyikan di Danau Kaolin

Atraksi utama Danau Kaolin tentu saja keindahannya tempatnya. Gak heran jika banyak orang datang untuk sekedar merasakan panorama, berburu foto Instagramable, sampai melakukan sesi foto pre wedding.

Danau Kaolin telah terkenal di kalangan fotografer sebagai salah satu tempat total berburu sunrise maupun sunset. Selain panoramanya, pagi dan sore hari jadi waktu yang tepat untuk datang ke sini, karena temperatur pada siang hari bisa betul-betul panas.

Di sekitar danau, kau bisa menemukan pedagang makanan dan minuman. Sesudah lelah berkeliling, minum air kelapa di tepi danau jadi hal yang paling menyenangkan.

Fasilitas dan rute menuju danau

Lokasi danau ini cukup gampang ditemukan, karena masih dekat dengan pusat Kota Tanjung Pandan. Tepatnya di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Kau bisa mencapainya dalam waktu 10 menit saja. Enaknya lagi, berkunjung ke danau ini tidak dipungut tarif masuk, sebab kawasan ini belum dikelola pemerintah.

Kendaraan awam yang menuju ke arah sini belum terlalu banyak, sehingga dianjurkan membawa kendaraan pribadi. Gak perlu risau kemalaman atau kelelahan untuk segera pulang, kau dapat menginap di kawasan Danau Kaolin. Telah banyak penginapan dan hotel di sana.

Sesudah mengenal kabar daerah tamasya di Danau Kaolin Belitung di atas, jadi kapan berharap ke sana?

Baca Juga – Open Trip Belitung Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?