Belacan Belitung, Olahan Serupa dengan Terasi yang Jadi Oleh-Oleh Favorit Wisatawan Utamanya Para Ibu-Ibu

Belacan merupakan buah tangan khas Pulau Belitung yang banyak para wisatawan mencarinya. Olahan fermentasi hasil laut yang memiliki aroma dan cita rasa unik ini merupakan product industri rumahan dari tidak benar satu desa di Belitung, yakni Desa Sijok (Sijuk). Meski demikian, cita rasa dari belacan Sijok udah sama bersama pulau timah ini. Karena itulah, tidak lengkap rasanya jika ulang berasal dari perjalanan ke Belitung tanpa mempunyai oleh-oleh lebih dari satu bungkus belacan.

Belacan Sijok

Pada dasarnya belacan hampir mirip bersama terasi, produk khas Kota Cirebon di Jawa Barat atau Sidoarjo di Jawa Timur. Yang membedakannya berasal dari produk terasi atau belacan berasal dari tempat lain umumnya adalah jenis bahan yang digunakan dan variasi dalam teknik pengolahannnya. Belacan memproduksi Sijok merupakan olahan langsung berasal dari udang rebon fresh hasil tangkapan nelayan setempat. Hal ini membawa belacan Sijok punya cita rasa yang khas daripada belacan atau terasi dari daerah lain di Pulau Belitung.

Belacan ini bisa kita gunakan sebagai bumbu di dalam berbagai jenis masakan. Satu diantaranya adalah sebagai komponen utama di dalam sambal belacan. Belacan yang telah terpanggang sebentar sampai mengeras, lumat dengan irisan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan garam menjadi menjadi teman yang mantap untuk bersantap. Tak harus heran kalau Anda pun bakal tergoda untuk isi ulang piring untuk kesekian kalinya.

Baca Juga – Paket Tour Belitung 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
× Hai, Ada yang bisa kami bantu?