Air Terjun Srigethuk, Tempat Wisata yang cocok buat “Ngadem” di Jogja

Yogyakarta memang kota istimewa. Keistimewaan itu terpancar dari pesona yang masih sangat alami, termasuk salah satunya adalah Air Terjun Srigethuk. Tempat wisata ini cocok banget dijadikan tempat refresing dan menghilangkan stress. Banyak destinasi wisata alam yang cukup populer di Jogja seperti hutan pinus mangunan, pantai parangtritis, dan kalibiru jogja. Tak mau kalah, air terjun ini merupakan air terjun terbaik di jogja karena memiliki keunikan tersendiri. Air terjun ini berada di tebing yang disebelahnya terdapat aliran sungai.

Untuk menuju ke air terjun ini dapat menggunakan dua akses yaitu melewati jalan setapak dan melewati sungai dengan rakit sederhana. Mau lebih tahu tentang Srigethuk’s Waterfall? Silahkan simak ulasan lengkap mengenai Air Terjun Srigethuk berikut ini.

1. Lokasi Air Terjun Srigethuk

Air Terjun Srigethuk
By @abiyyumustiko

Nama lain dari air terjun Sri gethuk adalah Slempret. Nama slempret ini di ambil dengan alasan air terjun ini terletak di daerah Slempret.  Air terjun ini berada di Gunung Kidul, tepatnya di dusun Menggoran. Kalau dari kota Jogja menuju ke destinasi wisata ini kurang lebih berjarak 34 km dengan waktu tempuh normal sekitar 1,5 jam.

2. Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka

Biaya yang dikeluarkan untuk memasuki tempat wisata ini bisa dibilang cukup terjangkau, yakni sebesar Rp13.000,- per orang. Apabila menggunakan akses melewati sungai dengan perahu akan dikenakan biaya tambahan Rp10.000,- saja. Harga parkir disini juga masih normal yaitu Rp2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000,- untuk kendaraan roda empat. Mengenai jam operasional, biayanya dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 waktu setempat.

3. Fasilitas Dan Aktivitas

Bukan cuma menikmati pemandangan air terjun saja, tempat ini juga menyeduakan banyak fasilitas untu pengunjung. Beberapa diantaranya adalah mushola, warung, tempat penyewaan ban, pelampung, dan rakit, toilet umum, tempat penitipan barang dan juga area parkir.

Disini bisa berswafoto sepuasnya dengan bagdound air terjun yang sangat cantik. Selain foto, ada juga aktifitas lain yang bisa dilakukan seperti berenang dan rafting. Menikmati keseruan bareng teman-teman di air terjun ini pasti akan sangat menyenangkan

4. Mitos Tentang Air Terjun Ini

Mitos dan misteri layaknya sesuatu yang tidak asing dikalangan masyarakat. Apalagi jogja sangat kental dengan tradisi dan adat istiadat di kalangan penduduk lokal disana. Selain itu, jogja juga menyimpan sejarah dan kisah yang cukup panjang. Sehingga, di era modern ini masih sering dijumpai cerita rakyat yang dipercaya oleh masyarakat.

Terlepas benar atau tidaknya, mitos yang beredar di masyarakat sekitar Air Terjun Srigethuk mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat berkumpulnya para jin yang di pimpin oleh Raja bernama Anggo Menduro yang konon katanya gemar dengan kesenian musik tradisional jawa. Tak perlu takut dengan mitos yang berkembang. Tempat ini masih bisa dinikmati keindahannya. Hingga saat ini, tempat ini masih banyak dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

5. Nuansa Air Terjun Srigethuk

Suasana disini boleh dibilang sangat menyatu dengan alam. Jadi, destinasi ini sangat recomendeed untuk menenangkan pikiran dan hati. Pas banget kalau dikunjungi setiap akhir pekan. Air sungai yang sangat jernih juga turut menambah point plus bagi air terjun ini. Maka dari itu, tak perlu khawatir jika ingin berenang disini.

Air Terjun Srigethuk
By @jackdamars

Begitulah ulasan singkat air terjun srigethuk yang dapat disampaikan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan baru. Jangan lupa mampir di srigethuk saat berkunjung ke jogja.

× Hai, Ada yang bisa kami bantu?